Cara Membuat Objek Bintang Dengan OpenGL Menggunakan CodeBlocks

Share:

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh



Programmer Bojonegoro - Hello world, saya melaporkan dari tempat kejadian perkara bahwasannya pada senin malam ini (25/12) sedang terjadi hujan yang cukup lebat disertai angin sepoi-sepoi dikawasan madura, tepatnya didesa telang, kecamatan kamal, kabupaten bangkalan ... hehehe :D #JustKidding

Yaps, pada malam tanpa bintang karena hujan kali ini saya akan membagikan beberapa source code untuk membuat objek bintang dengan opengl menggunakan codeblocks.

Langsung disimak saja ya gan :)

Berikut beberapa source code untuk membuat objek bintang dengan opengl menggunakan codeblocks

Source code objek bintang ke-1

#include <windows.h>
#include <GL/glut.h>

void display()
{
 glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
    glColor3f(0.0,0.5,1.5);
    glLineWidth(5);
    glPointSize(10);
    glBegin(GL_POLYGON);
        glVertex2f(-0.90,-0.15);
        glVertex2f(-2.0,0.75);
        glVertex2f(-0.5,0.75);
        glVertex2f(0.0,2.0);
        glVertex2f(0.5,0.75);
        glVertex2f(2.0,0.75);
        glVertex2f(0.90,-0.15);
        glVertex2f(1.40,-1.60);
        glVertex2f(0.0,-0.75);
        glVertex2f(-1.40,-1.60);
 glEnd();
    glFlush();
}

void myinit()
{
 glMatrixMode(GL_PROJECTION);
 glLoadIdentity();
 gluOrtho2D(-2.0,2.0,-2.0,2.0);
 glMatrixMode(GL_MODELVIEW);
 glClearColor(0.0,0.0,0.0,1.0);
 glColor3f(0.0,0.0,0.0);
}

int main(int argc, char* argv[])
{

 glutInit(&argc,argv);
 glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB);
 glutInitWindowSize(500,500);
 glutInitWindowPosition(425,150);
 glutCreateWindow("Bintang | Programmer Bojonegoro, Referensi Coding Terbaikmu!");
 glutDisplayFunc(display);
 myinit();
 glutMainLoop();

 return 0;
}
Output dari Source code objek bintang ke-1
Cara Membuat Objek Bintang Dengan OpenGL Menggunakan CodeBlocks

Source code objek bintang ke-2

#include <windows.h>
#include <GL/glut.h>

void Star(GLfloat Rotasi)
{
    glBegin(GL_LINE_LOOP);
        glVertex2f(3.0, 9.9);
        glVertex2f(0.0, 20.0);
        glVertex2f(-8.0, -5.2);
        glVertex2f(-13.0, -1.3);
        glVertex2f(0.0, 35.0);
        glVertex2f(9.0, 9.6);
    glEnd();
    glTranslated(-2.5, -1.5, 0);
    glRotated(Rotasi,0,0,1);
    glBegin(GL_LINE_LOOP);
        glVertex2f(3.0, 9.9);
        glVertex2f(0.0, 20.0);
        glVertex2f(-8.0, -5.2);
        glVertex2f(-13.0, -1.3);
        glVertex2f(0.0, 35.0);
        glVertex2f(9.0, 9.6);
    glEnd();
}

void display()
{
    glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
    glColor3f(0.0,0.0,1.0);
    glLineWidth(3);
        Star(71.5);
        Star(71.5);
        Star(72.5);
        Star(72.5);
    glFlush();
}

int main(int argc,char* argv[])
{
    glutInitWindowPosition(400,100);
    glutInitWindowSize(500,500);
    glutCreateWindow("STAR | Programmer Bojonegoro, Referensi Coding Terbaikmu!");
    glutDisplayFunc(display);
    gluOrtho2D(-50,50,-50,50);
    glutMainLoop();
}
Output dari Source code objek bintang ke-2
Cara Membuat Objek Bintang Dengan OpenGL Menggunakan CodeBlocks

Source code objek bintang ke-3

#include <windows.h>
#include <GL/glut.h>

void drawQuad(){

 glBegin(GL_POLYGON);
  glVertex2f(77.,70.);
  glVertex2f (80.,146.);
  glVertex2f(99.,90.);
  glVertex2f(157.,90.);
  glVertex2f (110.,55.);
  glVertex2f (128.,1.);
  glVertex2f (80.,34.);
  glVertex2f (32.,1.);
  glVertex2f (54.,55.);
  glVertex2f (3.,90.);
  glVertex2f (63.,90.);
  glVertex2f (80.,146.);
 glEnd();
 glFlush();
}
void renderScene(void){

 glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
 glPushMatrix();
 glRotatef(30,0,0,1);
 glColor3f(1,1,1);//putih
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(-500,-500,0);
 glColor3f(1,0,0);//merah
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(-450,-350,0);
 glRotatef(30,0,0,1);
 glScalef(0.5,0.5,0);
 glColor3f(1,1,0);//kuning
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(-320,-420,0);
 glRotatef(30,0,0,1);
 glColor3f(0,0,1);//biru
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(-200,-350,0);
 glScalef(0.5,0.5,0);
 glColor3f(1,0,0);//merah
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(-200,-310,0);
 glRotatef(45,0,0,1);
 glScalef(1.5,1.5,0);
 glColor3f(0,1,0);//hijau
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(-150,-100,0);
 glColor3f(1,0,0);//merah
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(-150,0,0);
 glScalef(0.3,0.3,0);
 glColor3f(1,1,0);//kuning
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(-50,-180,0);
 glScalef(0.4,0.4,0);
 glColor3f(1,1,0);//kuning
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(100,90,0);
 glRotatef(45,0,0,1);
 glScalef(1.2,1.2,0);
 glColor3f(1,1,0);//kuning
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(-400,-200,0);
 glScalef(0.4,0.4,0);
 glColor3f(1,0,0);//kuning
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(50,0,0);
 glScalef(0.4,0.4,0);
 glColor3f(1,0,0);//merah
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(0,200,0);
 glScalef(0.4,0.4,0);
 glRotatef(30,0,0,1);
 glColor3f(0,1,1);//cyan
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(150,300,0);
 glRotatef(-45,0,0,1);
 glColor3f(0,0,1);//biru
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(100,300,0);
 glScalef(0.5,0.5,0);
 glColor3f(1,1,1);//putih
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(320,320,0);
 glRotatef(45,0,0,1);
 glColor3f(0,1,1);//cyan
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(320,280,0);
 glScalef(0.5,0.5,0);
 glColor3f(1,0,0);//merah
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(150,115,0);
 glScalef(0.3,0.3,0);
 glColor3f(1,0,1);//pink
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(450,400,0);
 glRotatef(45,0,0,1);
 glScalef(0.6,0.6,0);
 glColor3f(0,1,0);//hijau
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(-100,115,0);
 glScalef(0.5,0.5,0);
 glColor3f(0,1,0);//hijau
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(180,400,0);
 glScalef(0.3,0.3,0);
 glColor3f(1,1,0);//kuning
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glFlush();
}
int main(int argc,char **argv){
 glutInit(&argc,argv);
 glutInitWindowPosition(350,100);
 glutInitWindowSize(600,600);
 glutCreateWindow("BINTANG-BINTANG | Programmer Bojonegoro, Referensi Coding Terbaikmu!");
 gluOrtho2D(-500.,500.,-500.,500.);
 glutDisplayFunc(renderScene);
 glutMainLoop();
}
Output dari Source code objek bintang ke-3
Cara Membuat Objek Bintang Dengan OpenGL Menggunakan CodeBlocks
Alhamdulillah, itulah beberapa source code untuk Membuat Objek Bintang Dengan OpenGL Menggunakan CodeBlocks.
Baca juga: Cara Membuat Gambar Susunan Planet Dalam Tata Surya Dengan OpenGL Menggunakan CodeBlocks
Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

1 comment: