Membuat Game Petualangan Spiderman Menggunakan Greenfoot
Membuat Game Battleship Dengan Javascript
Cara Membuat Aplikasi Kalkulator Dengan Netbeans IDE
Program Segmentasi Gambar Dengan Metode Thresholding Menggunakan Matlab
Membuat Game Tetris Dengan Java Menggunakan Netbeans IDE

Cara Membuat Objek Bintang Dengan OpenGL Menggunakan CodeBlocks


Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh



Programmer Bojonegoro - Hello world, saya melaporkan dari tempat kejadian perkara bahwasannya pada senin malam ini (25/12) sedang terjadi hujan yang cukup lebat disertai angin sepoi-sepoi dikawasan madura, tepatnya didesa telang, kecamatan kamal, kabupaten bangkalan ... hehehe :D #JustKidding

Yaps, pada malam tanpa bintang karena hujan kali ini saya akan membagikan beberapa source code untuk membuat objek bintang dengan opengl menggunakan codeblocks.

Langsung disimak saja ya gan :)

Berikut beberapa source code untuk membuat objek bintang dengan opengl menggunakan codeblocks

Source code objek bintang ke-1

#include <windows.h>
#include <GL/glut.h>

void display()
{
 glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
    glColor3f(0.0,0.5,1.5);
    glLineWidth(5);
    glPointSize(10);
    glBegin(GL_POLYGON);
        glVertex2f(-0.90,-0.15);
        glVertex2f(-2.0,0.75);
        glVertex2f(-0.5,0.75);
        glVertex2f(0.0,2.0);
        glVertex2f(0.5,0.75);
        glVertex2f(2.0,0.75);
        glVertex2f(0.90,-0.15);
        glVertex2f(1.40,-1.60);
        glVertex2f(0.0,-0.75);
        glVertex2f(-1.40,-1.60);
 glEnd();
    glFlush();
}

void myinit()
{
 glMatrixMode(GL_PROJECTION);
 glLoadIdentity();
 gluOrtho2D(-2.0,2.0,-2.0,2.0);
 glMatrixMode(GL_MODELVIEW);
 glClearColor(0.0,0.0,0.0,1.0);
 glColor3f(0.0,0.0,0.0);
}

int main(int argc, char* argv[])
{

 glutInit(&argc,argv);
 glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB);
 glutInitWindowSize(500,500);
 glutInitWindowPosition(425,150);
 glutCreateWindow("Bintang | Programmer Bojonegoro, Referensi Coding Terbaikmu!");
 glutDisplayFunc(display);
 myinit();
 glutMainLoop();

 return 0;
}
Output dari Source code objek bintang ke-1
Cara Membuat Objek Bintang Dengan OpenGL Menggunakan CodeBlocks

Source code objek bintang ke-2

#include <windows.h>
#include <GL/glut.h>

void Star(GLfloat Rotasi)
{
    glBegin(GL_LINE_LOOP);
        glVertex2f(3.0, 9.9);
        glVertex2f(0.0, 20.0);
        glVertex2f(-8.0, -5.2);
        glVertex2f(-13.0, -1.3);
        glVertex2f(0.0, 35.0);
        glVertex2f(9.0, 9.6);
    glEnd();
    glTranslated(-2.5, -1.5, 0);
    glRotated(Rotasi,0,0,1);
    glBegin(GL_LINE_LOOP);
        glVertex2f(3.0, 9.9);
        glVertex2f(0.0, 20.0);
        glVertex2f(-8.0, -5.2);
        glVertex2f(-13.0, -1.3);
        glVertex2f(0.0, 35.0);
        glVertex2f(9.0, 9.6);
    glEnd();
}

void display()
{
    glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
    glColor3f(0.0,0.0,1.0);
    glLineWidth(3);
        Star(71.5);
        Star(71.5);
        Star(72.5);
        Star(72.5);
    glFlush();
}

int main(int argc,char* argv[])
{
    glutInitWindowPosition(400,100);
    glutInitWindowSize(500,500);
    glutCreateWindow("STAR | Programmer Bojonegoro, Referensi Coding Terbaikmu!");
    glutDisplayFunc(display);
    gluOrtho2D(-50,50,-50,50);
    glutMainLoop();
}
Output dari Source code objek bintang ke-2
Cara Membuat Objek Bintang Dengan OpenGL Menggunakan CodeBlocks

Source code objek bintang ke-3

#include <windows.h>
#include <GL/glut.h>

void drawQuad(){

 glBegin(GL_POLYGON);
  glVertex2f(77.,70.);
  glVertex2f (80.,146.);
  glVertex2f(99.,90.);
  glVertex2f(157.,90.);
  glVertex2f (110.,55.);
  glVertex2f (128.,1.);
  glVertex2f (80.,34.);
  glVertex2f (32.,1.);
  glVertex2f (54.,55.);
  glVertex2f (3.,90.);
  glVertex2f (63.,90.);
  glVertex2f (80.,146.);
 glEnd();
 glFlush();
}
void renderScene(void){

 glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
 glPushMatrix();
 glRotatef(30,0,0,1);
 glColor3f(1,1,1);//putih
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(-500,-500,0);
 glColor3f(1,0,0);//merah
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(-450,-350,0);
 glRotatef(30,0,0,1);
 glScalef(0.5,0.5,0);
 glColor3f(1,1,0);//kuning
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(-320,-420,0);
 glRotatef(30,0,0,1);
 glColor3f(0,0,1);//biru
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(-200,-350,0);
 glScalef(0.5,0.5,0);
 glColor3f(1,0,0);//merah
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(-200,-310,0);
 glRotatef(45,0,0,1);
 glScalef(1.5,1.5,0);
 glColor3f(0,1,0);//hijau
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(-150,-100,0);
 glColor3f(1,0,0);//merah
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(-150,0,0);
 glScalef(0.3,0.3,0);
 glColor3f(1,1,0);//kuning
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(-50,-180,0);
 glScalef(0.4,0.4,0);
 glColor3f(1,1,0);//kuning
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(100,90,0);
 glRotatef(45,0,0,1);
 glScalef(1.2,1.2,0);
 glColor3f(1,1,0);//kuning
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(-400,-200,0);
 glScalef(0.4,0.4,0);
 glColor3f(1,0,0);//kuning
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(50,0,0);
 glScalef(0.4,0.4,0);
 glColor3f(1,0,0);//merah
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(0,200,0);
 glScalef(0.4,0.4,0);
 glRotatef(30,0,0,1);
 glColor3f(0,1,1);//cyan
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(150,300,0);
 glRotatef(-45,0,0,1);
 glColor3f(0,0,1);//biru
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(100,300,0);
 glScalef(0.5,0.5,0);
 glColor3f(1,1,1);//putih
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(320,320,0);
 glRotatef(45,0,0,1);
 glColor3f(0,1,1);//cyan
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(320,280,0);
 glScalef(0.5,0.5,0);
 glColor3f(1,0,0);//merah
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(150,115,0);
 glScalef(0.3,0.3,0);
 glColor3f(1,0,1);//pink
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(450,400,0);
 glRotatef(45,0,0,1);
 glScalef(0.6,0.6,0);
 glColor3f(0,1,0);//hijau
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(-100,115,0);
 glScalef(0.5,0.5,0);
 glColor3f(0,1,0);//hijau
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glPushMatrix();
 glTranslatef(180,400,0);
 glScalef(0.3,0.3,0);
 glColor3f(1,1,0);//kuning
 drawQuad();
 glPopMatrix();

 glFlush();
}
int main(int argc,char **argv){
 glutInit(&argc,argv);
 glutInitWindowPosition(350,100);
 glutInitWindowSize(600,600);
 glutCreateWindow("BINTANG-BINTANG | Programmer Bojonegoro, Referensi Coding Terbaikmu!");
 gluOrtho2D(-500.,500.,-500.,500.);
 glutDisplayFunc(renderScene);
 glutMainLoop();
}
Output dari Source code objek bintang ke-3
Cara Membuat Objek Bintang Dengan OpenGL Menggunakan CodeBlocks
Alhamdulillah, itulah beberapa source code untuk Membuat Objek Bintang Dengan OpenGL Menggunakan CodeBlocks.
Baca juga: Cara Membuat Gambar Susunan Planet Dalam Tata Surya Dengan OpenGL Menggunakan CodeBlocks
Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
26 December 2017 at 04:22 ×

Keren

Congrats bro Programmer Bojonegoro you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment