Pengertian dan jenis-jenis kejahatan komputer

Bismillahirrahmanirrahim
بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Assalamu ‘alaikum Wr. Wb
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
 



KodeTiket - Komputer merupakan alat yang sangat penting saat ini. Hampir seluruh orang di dunia memilikinya. Memang perkembangan teknologi informasi lekat dengan komputer. Pasalnya komputer merupakan alat bagi para pengembang untuk mengembangkannya.

Jadi, bisa dibilang komputer merupakan alat yang paling berpengaruh dalam perkembangan dunia TI (Teknologi Informasi).

Maka dari itu penting bagi kita di zaman yang serba modern ini untuk mengenal komputer.

Namun, dengan meningkatnya pengetahuan masyarakat mengenai bidang ini, timbulah penyalahgunaan dalam penggunaan teknologi komputer, yang kemudian meningkat menjadi tindak kejahatan di dunia maya atau dikenal sebagai cybercrime.

Kejahatan komputer berhubungan dengan kode etik profesi karena masih dalam konteks profesi dalam hal ini bidang IT, dalam makalah ini penulis memaparkan beberapa istilah, pelaku ataupun pengguna yang sering muncul dalam bidang ini.

  • Pengertian Komputer

    Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.

    Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

    Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

    Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer.

    Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut sebagai komputer.

    Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu.

    Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis".

    Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

    Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.

    Secara ringkas, Komputer dapat diartikan sebagai serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti.

    Sistem ini digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasarkan urutan instruksi ataupun program yang diberikan.
  • Pengertian Kejahatan Komputer

    Cybercrime sebagai kejahatan di bidang komputer secara umum dapat diartikan sebagai penggunaan komputer secara ilegal.

    Kejahatan Komputer adalah segala aktifitas tidak sah yang memanfaatkan komputer untuk tindak pidana.

    Sekecil apapun dampak atau akibat yang ditimbulkan dari penggunaan komputer secara tidak sah atau ilegal merupakan suatu kejahatan.
  • Jenis-jenis Kejahatan Komputer

    • VIRUS
    Virus adalah bagian dari kode pemrograman, biasanya menyamar sebagai sesuatu yang lain, yang menyebabkan komputer untuk berperilaku dengan cara yang tak terduga dan biasanya tidak diinginkan.
    Seringkali virus melekat pada file, sehingga ketika file yang terinfeksi dibuka, virus mengeksekusi.
    • WORM
    Worm adalah program yang sangat mirip dengan virus, memiliki kemampuan untuk mereplikasi diri dan dapat menyebabkan efek negatif pada sistem. Tapi mereka dapat dideteksi dan dihilangkan dengan perangkat lunak antivirus.
    Persembunyian : umumnya ini menyebar melalui e-mail dan jaringan. Mereka tidak menginfeksi file atau merusaknya, tetapi mereka meniru begitu cepat sehingga seluruh jaringan akan runtuh.
    Contoh: PSWBugbear.B, Lovgate.F, Trile.C, Sobig.D, Mapson
    • TROJAN HORSE
    Trojan Horse diproduksi dengan tujuan jahat. Berbeda dengan virus, Trojan Horse tidak dapat memproduksi diri sendiri. Pada umumnya, mereka dibawa oleh utility program lainnya.
    Utility program tersebut mengandung dirinya, atau Trojan Horse itu sendiri menyamar sebagai utility program.
    Contoh : Win-Trojan/Back Orifice, Win-Trojan/SubSeven, Win-Trojan/Ecokys(Korean).
    • SPAM
    Email spam merupakan penyalahgunaan sistem email untuk mengirim email yang tidak diminta untuk sejumlah besar orang-orang.
    Sebagian besar spam adalah bentuk murah iklan komersial, kadang-kadang untuk produk dipertanyakan seperti pornografi, skema kaya-cepat palsu, dan saham berharga.
    • ROOTKIT
    Rootkit adalah seperangkat program yang dirancang untuk mengambil alih sistem secara fundamental (pada Linux istilahnya akses root sedangkan pada Ms Windows istilah nya akses Administrator).
    Rootkit bisa menjangkit hampir semua sistem operasi. Dampak umum yang ditimbulkan adalah hilang atau tersembunyinya file-file data dari sistem
    • PHISHING
    Phishing adalah tindakan curang menggunakan email untuk mencoba mendapatkan penerima untuk mengungkapkan data pribadinya.
    Misalnya : sebuah bank atau situs transaksi online, Modus ini dipakai untuk memperoleh informasi sensitif mengenai user seperti nomor pin dari sebuah kartu kredit, atau password dari sebuah account internet.
    Phishing dapat juga dimasukkan ke sebuah web server. Cara ini lebih berbahaya karena korban sulit membedakan antara link yang sebenarnya dengan yang palsu
    • Smishing dan Vishing
    Smishing dan Vishing adalah variasi lain dari phishing yang melibatkan penggunaan Short Message Service (SMS).
    Biasanya korban smishing dan vishing untuk log-in ke halaman palsu layanan bank-nya, sehingga nantinya data pribadi mereka seperti username dan password dapat dicuri pelaku.
  • Jenis-jenis Pelaku Kejahatan Komputer

    • HACKER
    Hacker adalah Seorang yang mempunyai keinginan untuk mengetahui secara mendalam mengenai kerja suatu system, komputer atau jaringan komputer, sehingga menjadi orang yang ahli dalam bidang penguasaan sistem, komputer atau jaringan komputer
    • CRACKER
    Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data.
    • HACKTIVISM
    Hacktivism, kombinasi hacking kata-kata dan aktivisme, adalah hacking untuk mencapai tujuan politik atau sosial.
    Sebuah cyberterrorist meluncurkan serangan berbasis komputer terhadap komputer lain atau jaringan dalam upaya untuk mengintimidasi atau memaksa sebuah organisasi tertentu untuk maju dengan tujuan politik atau sosial.

  • Penanganan Kejahatan Komputer

    • Internet Firewall
    Internet Firewall berfungsi untuk mencegah akses dari pihak luar ke sistem internal.
    • Kriptografi
    Kriptografi adalah seni menyandikan data. Data yang akan dikirim disandikan terlebih dahulu sebelum dikirim melalui internet.
    • Secure Socket Layer (SSL)
    Jalur pengiriman data melalui internet melalui banyak transisi dan dikuasai oleh banyak orang.

  • Kesimpulan

    Komputer merupakan alat yang sangat membantu pekerjaan manusia, namun beberapa orang menggunakannya dengan kurang bijak sehingga merugikan orang lain.

    Kejahatan Komputer adalah segala aktifitas tidak sah yang memanfaatkan komputer untuk tindak pidana. Sekecil apapun dampak atau akibat yang ditimbulkan dari penggunaan komputer secara tidak sah atau ilegal merupakan suatu kejahatan.

    Secanggih apapun teknologi jika tidak diiringi dengan etika dalam pemakainnya maka akan menghasilkan penyalahgunaan yang dapat merugikan orang lain.

    Setinggi apapun kecanggihan peraturan atau hukum yang mengatur untuk tidak terjadi pelanggaran-pelanggaran, jika manusia menginginkan tentulah ada saja celah yang dapat digunakannya.

    Semuanya kembali pada etika masing-masing individu.
Alhamdulillah, itulah Pengertian dan Jenis-jenis Kejahatan Komputer.

Semoga Bermanfaat

Terimakasih
 
Alhamdulillah 
اَلْحَمْدُلِلّهِ 
Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Previous
Next Post »
Thanks for your comment